Download Windows 11 dan Perbedaanya dengan Windows 10

Windows 11 telah resmi diumumkan kehadirannya pada 24 Juni 2021. Akan tetapi, download Windows 11 hingga saat ini masih belum tersedia di situs resmi Microsoft. Dan, menurut kabar yang beredar di dunia maya, pengguna Windows 10 bisa meng-upgrade sistem operasi mereka ke Windows 11 secara gratis. Selain kabar tersebut, berikut adalah beberapa informasi lain yang perlu kamu tahu beserta perkiraan jadwal ketersediaan link download Windows 11.

Download Windows 11 akan Tersedia pada Akhir Bulan Juni 2021

Jika kamu mendaftar sebagai Windows Insider, kamu seharusnya sudah bisa mendownload versi awal Windows 11 minggu depan, atau tepatnya pada hari Minggu tanggal 29 Juni.

Download Windows 11 dan Perbedaanya dengan Windows 10

Microsoft mengatakan bahwa siapa pun yang sudah terdaftar di channel Dev atau Beta juga akan memperoleh kesempatan untuk menikmati build Windows 11 Insider asalkan, perangkat keras mereka memenuhi persyaratan.

Untuk mendaftar atau mengubah channel di Windows Insider, kamu bisa membuka: Settings > Update and Security > Windows Insider Program.

Microsoft juga mengatakan bahwa upgrade resmi akan diluncurkan pada antara bulan Oktober sampai dengan Desember.

Syarat dapat Upgrade Gratis ke Windows 11

Seperti halnya ketika Windows 10 pertama kali hadir, Windows 11 juga akan tersedia dalam bentuk upgrade gratis bagi siapa saja yang memiliki versi Windows sebelumnya dan memiliki perangkat keras (hardware) yang memenuhi syarat.

Menurut blog Microsoft, persyaratan sistem minimum install Windows 11 adalah:

  • CPU prosesor 64-bit minimal dual-core dengan kecepatan minimal 1-GHz.
  • RAM 4 GB
  • Penyimpanan 64 GB
  • UEFI BIOS dengan fitur Secure Boot
  • TPM 2.0
  • Layar 9-inci atau lebih besar dengan resolusi minimal 720p
  • Koneksi internet dan punya akun Microsoft (silahkan daftar di outlook.com)
  • GPU yang kompatibel dengan DirectX 12

Persyaratan ini tentu saja jauh lebih kompleks dan lebih ribet dibandingkan dengan syarat menginstal Windows 10 yang hanya mewajibkan kamu untuk memiliki hardware dengan spesifikasi CPU 1 GHz meskipun dual core atau 64-bit, RAM 1 GB atau 2 GB, HDD 16 GB atau 20 GB,dan GPU yang support DirectX 9 dengan resolusi minimum 800 x 600.

Salah satu syarat yang paling sulit untuk dipenuhi ketika ingin menginstal Windows 11 adalah persyaratan TPM 2.0. Terutama bagi mereka yang memiliki PC rakitan sendiri. Pasalnya, tidak setiap motherboard dilengkapi dengan modul TPM on-board, meskipun beberapa motherboard dapat diupgrade dengan modul TPM yang dapat dibeli secara terpisah. Banyak juga sistem yang sebenarnya sudah memiliki TPM di motherboard akan tetapi dalam keadaan nonaktif. Bagi kamu yang punya motherboard dengan dukungan TPM tapi belum aktif, kamu bisa mengaktifkannya dengan masuk ke BIOS.

Processor Baru Belum Tentu Bisa Memenuhi Syarat Minimal Install Windows 11

Ini adalah kabar yang mungkin membuat beberapa diantara kamu bakal sedikit kecewa. Pasalnya, Microsoft juga secara tegas menyatakan bahwa komputer yang memiliki TPM 2.0 dan secure boot, tetapi lebih tua dari Intel 8th Gen atau CPU seri AMD Ryzen 2000 tidak akan didukung dalam rilis final Windows 11.

Beberapa contoh processor yang kemungkinan besar tidak akan bisa digunakan untuk menginstal Windows 11 diantaranya adalah, Intel 7th Gen dan AMD Ryzen 1000. Padahal, kedua prosesor tersebut tergolong masih cukup baru karena diluncurkan sekitar tahun 2017 lalu dan masih banyak dijual hingga saat ini. Bahkan, gadget dari Microsoft seperti Surface studio 2 yang juga menggunakan Intel Core generasi ke-7 tampaknya juga tidak akan mendapatkan upgrade ke Windows 11.

Desain Baru Start Menu yang Kini Terlihat Lebih Menarik

Start Menu Windows 11 yang baru secara default akan muncul di bagian tengah layar. Meski demikian, bagi kamu yang tidak suka dengan metode penempatannya menu start tersebut, kamu tetap bisa mengembalikannya ke sebelah kiri seperti yang umum kamu gunakan di Windows 10 atau windows 7.

Start Menu Windows 11 yang baru

Menurut Microsoft, menu start akan didukung jaringan "cloud" untuk menampilkan aplikasi ataupun recent dokumen. Jadi, dokumen apapun yang kamu buka di ponsel akan muncul di menu start di PC.

Windows 11 juga menawarkan pengalaman baru pada metode pencarian, yang sekarang muncul di jendela terpisah. Jadi, alih-alih hanya mencari di dalam komputer, sistem pencarian tersebut juga akan mencari apapun yang kamu ketik, di Bing dan website.

Snap Layouts dan Grup Snap

Pada Windows 11, kalau kamu mengklik kanan kursor di tombol minimze/maximize, kamu akan melihat opsi snap layout atau snap grup yang bisa kamu sesuaikan berdasarkan kebutuhan atau berdasarkan ukuran monitor.

Snap Layouts dan Grup Snap Windows 11

Jadi, misalnya kamu punya tiga aplikasi yang terbuka dan ruang yang cukup, kamu akan ditawari opsi untuk membagi layar secara merata, atau satu aplikasi makan menggunakan setengah layar dan dua aplikasi lainnya masing-masing akan menggunakan seperempat bagian layar.

Fitur Baru di Windows 11: Docking dan Undocking

Menyambungkan laptop atau tablet ke monitor eksternal dikenal dengan istilah “docking.” Docking dengan menggunakan Windows 11 akan jauh lebih mudah dan menyenangkan. Karena Microsoft setelah memperbarui kemampuan docking Windows 11 yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Windows 10.

Fitur Baru di Windows 11: Docking dan Undocking

Jadi, bagi kamu yang sudah pernah punya pengalaman docking menggunakan Windows 10 serta tidak berjalan lancar, kemungkinan besar masalah tersebut akan teratasi di Windows 11.

Di antara kemampuan utama docking dan undocking pada Windows 11 yang paling mencolok adalah,

  1. Kalau kamu melakukan undocking dengan mencopot kabel HDMI atau kabel VGA, maka semua aplikasi akan berkumpul di monitor utama dan dalam keadaan minimize
  2. Windows 11 bisa mengingat semua monitor yang digunakan. Sehingga, apabila disambungkan kembali dengan monitor eksternal, setiap aplikasi akan otomatis kembali ke monitor eksternal

Virtual Desktop Sekarang Bisa Menggunakan Wallpaper Kustom

Windows 11 Virtual Desktops

Desktop virtual pada Windows 11 kini telah mengalami peningkatan, sehingga setiap desktop sekarang dapat dipasangkan wallpaper sendiri-sendiri dan tampilan yang berbeda.

Microsoft Teams Kini Terintegrasi dengan Windows

Microsoft Teams Kini Terintegrasi dengan Windows

Microsoft menempatkan ikon MS Teams langsung di taskbar. Jadi, kapanpun kamu membutuhkan Teams untuk melakukan panggilan ke sesama pengguna Teams di perangkat apa pun, termasuk perangkat Android dan iOS, kamu bisa langsung mengklik ikon tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengirim dan menerima pesan SMS.

Windows Widgets

Windows 11 Widgets

Sebuah panel geser di sisi kiri layar akan menampilkan "widget Windows" yang terdiri atas, satu set berita, info cuaca, hingga informasi saham.

Windows 11 Lebih Sensitif Terhadap Sentuhan

Bagi kamu yang punya perangkat layar sentuh, kamu bisa memaksimalkan fungsi sentuhan pada Windows 11. Windows 11 akan otomatis memperbesar ukuran ikon dan target sentuh apabila kamu menggunakan device layar sentuh ataupun touchpad.

Pengalaman menggunakan stylus juga terasa lebih baik pada Windows terbaru ini. karena Microsoft telah memberikan tambahan fitur berapa haptic feedback saat digunakan untuk menulis.

Windows 11 touchcreen

Begitu juga dengan virtual keyboard yang rata-rata hadir dengan desain baru dan memungkinkan kita menyesuaikannya dengan tampilan atau nuansa yang kita inginkan. Begitu juga dengan voice dictation (pengetikan suara) juga telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Voice dictation pada Windows sekarang bisa otomatis menambahkan tanda baca dan bisa merespon perintah untuk menghapus ataupun mengedit dokumen.

Auto HDR untuk Gaming

Jika monitormu mendukung HDR tetapi game game yang kamu mainkan tidak mendukung HDR, Windows 11 akan cara otomatis mengonversi warna dan pencahayaan pada game yang kamu mainkan.

Auto HDR untuk Gaming di Windows 11

Dengan menggunakan auto HDR, game akan terlihat jauh lebih berwarna dan lebih hidup serta lebih jelas. Dan sekarang akan diaplikasikan pada PC melalui Windows 11.

DirectStorage Bermanfaat untuk Mempersingkat Loading Game

Fitur Xbox lain yang sekarang ada di Windows adalah, DirectStorage. Fitur ini memungkinkan game langsung dimuat ke dari NVMe SSD ke dalam memori GPU, tanpa menggunakan (banyak) sumber daya CPU. Artinya, waktu loading game akan jadi lebih cepat.

Xbox Game Pass Hadir di Windows 11

Jika kamu berlangganan Xbox Game, kamu akan langsung dapat akses ke ratusan judul game di Xbox Cloud Gaming.

Aplikasi Android Sekarang Bisa Diinstall di Windows 11

Pengguna Windows 11 nantinya akan bisa menginstal aplikasi Android melalui toko aplikasi Amazon. Kemampuan baru Windows ini bisa terwujud berkat dukungan Intel Bridge Technology dan run-time post compiler. Dua teknologi yang memungkinkan aplikasi Android berjalan secara native dan diperlakukan layaknya aplikasi Windows lainnya.

Cara Install Aplikasi Android  di Windows 11
Menurut kabar, teknologi ini bisa bekerja pada processor AMD dan Intel. Intel sendiri telah memastikan bahwa “Intel Bridge Technology adalah runtime post-compiler yang memungkinkan aplikasi (Android) berjalan secara native di perangkat berbasis x86, termasuk di Windows.”

0 Response to "Download Windows 11 dan Perbedaanya dengan Windows 10"