Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Rumah Pintar Sederhana

Rumah pintar (smart home) adalah konsep rumah yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan terkoneksi dengan internet, sehingga memungkinkan penghuni rumah untuk mengendalikan berbagai sistem dan perangkat dalam rumah melalui smartphone atau perangkat lainnya.

Perangkat yang dapat dikontrol meliputi sistem keamanan, penerangan, pendingin ruangan, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi.

Smart home bertujuan untuk membuat rumah lebih nyaman, efisien, dan aman bagi penghuninya.

Keuntungan memiliki smart home di era modern seperti saat ini cukup banyak. Misalnya seperti:

  • Mudah dikendalikan. Dengan smart home, kita bisa mengendalikan berbagai sistem dan perangkat dalam rumah dari jarak jauh melalui smartphone atau perangkat lainnya. Ini membuat hidup lebih mudah dan nyaman, terutama jika kita sering keluar rumah dan ingin memastikan rumah tetap aman dan nyaman.
  • Efisiensi energi. Smart home dapat membantu mengurangi penggunaan energi dengan mengontrol perangkat seperti pendingin ruangan, pemanas air, dan lampu secara otomatis. Ini akan membantu mengurangi tagihan listrik dan membantu mengurangi dampak lingkungan.
  • Keamanan. Smart home dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih canggih, seperti kamera pengawas, sensor gerak, dan alarm kebakaran, yang dapat memberikan perlindungan ekstra untuk rumah.
  • Nilai tambah properti. Smart home dapat meningkatkan nilai properti karena lebih modern dan efisien daripada rumah tradisional. Sehingga nilai jual atau appraisal bank jadi lebih mahal.

Peluang Membangun Rumah Pintar

Peluang untuk membuat smart home tergantung pada sejumlah faktor, seperti anggaran, pengetahuan teknis, dan kebutuhan rumah.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan untuk membangun rumah pintar.

  • Anggaran. Biaya adalah salah satu faktor penting dalam membuat smart home. Perangkat smart home dan perangkat keras lainnya dapat berharga cukup mahal. Kita harus mempertimbangkan anggaran dan memutuskan seberapa banyak yang akan kita belanjakan untuk membangun smart home.
  • Pengetahuan Teknis. Membuat smart home juga harus memahami teknologi dan jaringan komputer. Jika belum ada berpengalaman, sebaiknya mintalah bantuan dari profesional untuk membantu memilih perangkat dan mengkonfigurasi sistem di rumah.
  • Kebutuhan Rumah. Kebutuhan dan preferensi setiap individu dalam hal keamanan, kenyamanan, dan efisiensi energi akan mempengaruhi jenis perangkat smart home yang akan dibutuhkan. Pertimbangkan kebutuhan spesifik Anda dan pastikan perangkat yang Anda beli dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Cara Membuat Smart Home Sederhana

Untuk membuat rumah pintar sederhana kita memerlukan beberapa peralatan dan perangkat keras. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin biasanya dibutuhkan untuk membuat smart home.

  • Perangkat Smart Home. Kita perlu memilih perangkat smart home yang sesuai untuk rumah. Beberapa contoh perangkat smart home termasuk smart speaker, smart lock, smart thermostat, smart bulb, dan smart camera. Pastikan perangkat tersebut kompatibel dengan platform smart home yang digunakan.
  • Platform Smart Home. Ada beberapa platform smart home yang tersedia di pasaran, seperti Amazon Alexa, Google Assistant, dan Apple HomeKit. Pilihlah platform yang paling cocok untuk dan pastikan perangkat smart home yang dibeli kompatibel dengan platform tersebut.
  • Koneksi Internet yang Baik. Membangun smart home pasti memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk menghubungkan perangkat smart home ke jaringan. Di Indonesia, internet provider yang recomended untuk membangun smart home salah satunya adalah IndiHome dari Telkom Indonesia.
  • Sistem Kontrol. Kita juga memerlukan sistem kontrol seperti aplikasi smartphone atau remote control untuk mengontrol perangkat smart home.
  • Instalasi dan Konfigurasi. Beberapa perangkat smart home mungkin memerlukan instalasi dan konfigurasi yang rumit. Karena itu, kita harus memahami petunjuk instalasi dan konfigurasi dengan baik. Jika tidak, kita bisa meminta bantuan profesional jika diperlukan.

Contoh Cara Memasang Perangkat Smart Home

Disini saya akan mencontohkan cara memasang salah satu perangkat rumah pintar yaitu, smart bulb atau lampu pintar.

Ada dua hal yang dibutuhkan untuk memasang lampu pintar di rumah.

  1. Yang pertama adalah smart bulb atau lampu pintar. Ada banyak pilihan merek dan tipe lampu pintar yang bisa kita beli di toko online. Seperti merek, Bardi, Philips, dll. Namun yang paling penting, pastikan lampu pintar yang dibeli menyertakan fitur WiFi bisa dikontrol dari internet atau dari jarak jauh.
  2. Yang kedua, kita harus menyediakan koneksi internet di rumah untuk menghubungkan lampu pintar ke internet. Misalnya, dengan menggunakan router wifi seperti yang disediakan oleh IndiHome.
  3. Smartphone dan aplikasi

Pada contoh kali ini, saya akan mencontohkan dengan lampu pintar merk Bardi LED Bulb 9W RGBWW. Berikut adalah langkah-langkah memasang dan menghubungkan lampu pintar ke internet agar dapat dikendalikan dari smartphone.

  1. Instal aplikasi Bardi di smartphone yang bisa didownload dari Playstore untuk pengguna Android
  2. Matikan saklar kemudian pasang lampu pintar di pitingan
  3. Setelah lampu terpasang, hidup dan matikan lampu tersebut melalui saklar sebanyak tiga kali berturut-turut sampai lampu berkedip-kedip
  4. Pastikan wifi di rumah menyala data aktif
  5. Hubungkan smartphone dengan jaringan wi-fi di rumah
  6. Hidupkan Bluetooth di hp
  7. Buka aplikasi Bardi yang sudah terinstal
  8. Register dengan akun Gmail lalu login
  9. Sentuh tombol add device (tambah perangkat) yang ada di pojok kanan atas
  10. Izinkan aplikasi Bardi mengakses lokasi
  11. Pada bagian Lighting: pilih LED Bulb 9W RGBWW
  12. Password wifi kemudian tekan tombol Next
  13. Centang pada Confirm indicator rapidly blink
  14. Kemudian tekan tombol Next
  15. Ikuti prosesnya hingga selesai
  16. Beri nama lampu sesuai dengan lokasi penempatannya. Misalnya dengan nama “Ruang Tamu,” “Kamar Anak,” “Teras,” dll
  17. Kembali ke beranda aplikasi Bardi. Sekarang, lampu Bardi sudah bisa dikendalikan melalui smartphone. Atur setting agar bisa menyala dan hidup secara otomatis dalam situasi tertentu. Misalnya, Anda bisa menyeting agar lampu tersebut hidup saat Anda di rumah dan mati ketika anda meninggalkan rumah

Pasang IndiHome untuk Mendukung Smart Home

Jaringan internet yang digunakan untuk rumah pintar haruslah yang stabil jarang trouble. Karena gangguan jaringan dapat menyebabkan perangkat di rumah pintar tidak berfungsi.

Menurut saya, salah satu pilihan internet provider yang cocok untuk mendukung rumah pintar adalah layanan IndiHome yang disediakan oleh Telkom Indonesia.

Berdasarkan pengalaman saya berlangganan selama bertahun-tahun, provider internet ini sangat jarang mengalami trouble. Bahkan dalam satu tahun, belum tentu mengalami masalah.

Disamping menawarkan koneksi yang stabil dan jarang trouble, biaya berlangganan wifi IndiHome juga sangat murah. Mulai dari 200 ribuan per bulan.

Post a Comment for "Cara Membuat Rumah Pintar Sederhana"