Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada! Aktivitas Digital Bisa Bikin Mata Kering

Ayo ngaku… siapa di sini yang pernah mendengar orang tuanya bilang “jangan nonton dekat-dekat nanti sakit mata!” Sebenarnya ini mitos atau fakta?

Menurut seorang spesialis oftalmologi (studi yang mempelajari penyakit mata) bernama Ethan Stern, MD, menonton televisi atau melihat layar dekat-dekat itu sebenarnya nggak akan menyebabkan mata minus (miopia).


James Sheedy, seorang profesor di Pacific University College of Optometry di Oregon juga mengamini pendapat Ethan tersebut dan mengatakan bahwa, melihat layar terlalu dekat, misalnya layar televisi atau layar laptop serta layar hp, nggak akan menyebabkan myopia (rabun jauh).

Akan tetapi, baik Ethan Stern dan juga James Sheedy, keduanya sepakat bahwa, melihat layar terlalu dekat berpotensi menimbulkan berbagai masalah mata. Misalnya, bisa menyebabkan mata tegang, mudah lelah, mata kering, nyeri otot, dan juga berpotensi membuat kita jarang berkedip.

Dari sekian masalah mata yang saya sebutkan di atas, jarang berkedip dan mata kering adalah dua concern yang perlu digarisbawahi. Pasalnya, menurut James Sheedy, jarang berkedip berpotensi membuat kornea mata menjadi kering. Jika kornea mata kering, lambat laun (kornea mata) akan menjadi keruh dan menyebabkan penglihatan jadi kabur.

Tapi sebelum saya melanjutkan. Saya ingin sedikit berbagi tentang hal yang dikatakan sebagai “jarang” berkedip itu. Sebenarnya, yang dimaksud jarang berkedip oleh para ahli itu seperti apa sih?

Normalnya, mata kita harus berkedip sebanyak 20 kali per menit. Namun karena menatap layar terlalu dekat, intensitas kedipan mata kita bisa berkurang hingga 7 kali lipat atau bahkan lebih.

Nyatanya, dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita sedang berkonsentrasi menatap layar hp atau komputer, kita bisa saja lupa berkedip hingga beberapa menit. Dan, bahkan tidak sedikit orang yang lupa berkedip hingga puluhan menit.

Karena itu, nggak heran apabila pengguna smartphone dan juga komputer atau laptop lebih mudah mengalami sindrom mata kering.

13 Gejala Mata Kering

mata kering


Mata kering punya banyak gejala, berikut adalah 13 diantaranya yang saya rangkum dari berbagai sumber.

  1. Mata terasa kering dan kasar saat digunakan untuk berkedip
  2. Gatal dan mengalami iritasi
  3. Mata merah karena iritasi atau karena aktivitas mengucek mata yang disebabkan oleh rasa gatal
  4. Menimbulkan sensasi panas
  5. Mata pegel
  6. Mata terasa sepet
  7. Mata terasa lelah
  8. Mata sakit saat digerakkan atau saat digunakan untuk melirik
  9. Kelopak mata terasa berat
  10. Keluar air mata secara berlebihan
  11.  Penglihatan kabur
  12.  Sensitivitas terhadap cahaya
  13. Gejala mata kering yang parah biasanya akan menghadirkan sensasi seperti kelilipan, atau seperti ada benda asing yang masuk ke mata

Berbagai Faktor yang Meningkatkan Risiko Mata Kering

Selain sering menasehati kita untuk nggak nonton TV terlalu dekat, ibu/bapak kita juga sering mengingatkan kita supaya nggak membaca atau menonton di tempat gelap. Biasanya, alasan ortu kita karena bisa bikin mata rabun. Sebenarnya, ancaman bahaya melihat layar di tempat gelap ini fakta atau mitos sih?

Menurut seorang optometrist (ahli kacamata) bernama Dr. Austin Tran, melihat layar di tempat yang gelap nggak akan merusak mata atau mempengaruhi penglihatan secara permanen. Itu artinya, membaca atau melihat layar hp di tempat yang kurang cahaya sebenarnya nggak akan menyebabkan rabun jauh.

Dr. Austin Tran image from Linkedln

Tapi… ada “tapi”-nya lho! Masih menurut Dr. Austin Tran, melihat layar smartphone atau layar laptop di tempat yang gelap atau di tempat-tempat yang redup bisa menyebabkan mata tegang.

Maksudnya, selain bikin kita merasa nggak nyaman atau bikin mata jadi terasa sepet, melihat layar di tempat gelap berpotensi bikin kita lebih mudah mengalami sakit kepala, nyeri bahu dan leher, serta berpotensi bikin mata lebih mudah mengalami iritasi, menyebabkan penglihatan kabur, dan juga bisa memicu penglihatan ganda.

Dr. Austin Tran juga mengatakan bahwa, orang yang sering melihat layar di tempat-tempat yang redup umumnya lebih jarang berkedip. Dan, inilah yang meningkatkan risiko seseorang mengalami sindrom mata kering.

Selain melihat layar di tempat gelap dan melihat layar terlalu dekat, berikut adalah sejumlah faktor lain yang bisa meningkatkan risiko mata kering.

  • Udara yang kering
  • Umur. Saat kita memasuki usia senja, produksi air mata kita akan mengalami penurunan. Inilah yang meningkatkan risiko kita mengalami mata kering di usia senja
  • Penggunaan lensa kontak yang kurang terawat
  • Konsumsi minuman yang mengandung kafein
  • Paparan asap rokok
  • Penyakit sistemik seperti artritis reumatoid atau diabetes dan juga syndrome Sjogren
  • Kekurangan asam lemak omega 3
  • Karena menggunakan obat-obatan seperti obat antihistamin dan dekongestan
  • Alergi mata
  • Kekurangan vitamin A
  • Bentuk kelopak mata yang menghadap ke luar
  • Disfungsi kelenjar meibom (blefaritis posterior)

3 Bahaya Mata Kering yang Wajib Diwaspadai

Sebenarnya mata kering itu bahaya nggak sih? Kalau dibilang bahaya banget sampai mengancam nyawa sih nggak. Tapi yang namanya mata tetaplah sangat berharga. Ya kan?

Tapi yang jelas. Tanpa mata yang sehat, kita pasti akan kesulitan melakukan berbagai aktivitas. Nggak hanya itu, tanpa mata yang sehat, kita akan kesulitan beraktivitas atau sekedar menikmati keindahan alam di sekitar kita.

Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa bahaya yang berpotensi dialami oleh seseorang jika mengalami mata kering.

  1. Infeksi mata. Dibandingkan dengan mata yang lembab oleh air mata, mata yang kering cenderung lebih mudah mengalami infeksi karena mudah tergores
  2. Permukaan mata rusak. Kerusakan pada permukaan mata adalah salah satu bahaya yang bisa diakibatkan oleh mata kering jika nggak segera diobati. Sindrom mata kering yang parah berpotensi menyebabkan peradangan pada mata, abrasi pada permukaan kornea, dan bahkan bisa menyebabkan kebutaan
  3. Bahaya mata kering yang ketiga adalah, dapat membuat kita kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari seperti membaca, menonton, mengidentifikasi sesuatu, dan berbagai aktivitas yang melibatkan penglihatan

Cara Efektif Mengatasi Gejala Mata Kering


Gejala mata kering seperti, mata yang terasa sepet, pegal, atau gatal hingga panas, bisa diatasi dengan mudah menggunakan obat tetes mata.

Insto Dry Eyes adalah salah satu obat tetes mata yang menurut saya cukup ampuh untuk mengatasi gejala mata kering. Obat tetes mata ini sendiri sudah saya gunakan sejak lama untuk mengatasi gejala mata kering.

Ya… saya memang kerap mengalami gejala mata kering. Karena setiap hari saya menatap layar hp dan juga komputer dengan intensitas yang lumayan tinggi. Sebagai akibatnya, saya pun tak luput dari masalah mata kering karena setiap hari terlalu lama menatap layar dan sering lupa berkedip kalau lagi asyik.

Meskipun saya sudah tahu apa saja tips-nya untuk mencegah mata kering saat melihat layar hp atau komputer, namun dalam beberapa kasus, saya seringkali lupa untuk menerapkan tips-tips tersebut. Inilah yang bikin saya tak luput dari masalah mata kering yang nggak nyaman itu.

Untuk menghilangkan gejala mata kering yang bikin gak nyaman tersebut, saya sekarang mengandalkan #InstoDryEyes. Menurut saya, obat ini adalah salah satu solusi mata kering yang paling ampuh. Bagi saya ini nggak terlalu mengejutkan, soalnya Insto merupakan salah satu merk produsen obat tetes mata yang sudah sangat terkenal dan diakui reputasinya.

Tips Mencegah Mata Kering saat Melihat Layar

Untuk menghindari berbagai bahaya mata kering, kita perlu tahu tips untuk mencegahnya, khususnya saat melihat layar, atau ketika melakukan aktivitas digital seperti main hp dan bekerja pakai komputer.

Selama ini, saya pribadi selalu berusaha untuk menerapkan beberapa tips berikut ini. Karena menurut saya, beberapa tips ini adalah yang paling efektif dan mudah diterapkan untuk mencegah mata kering.

  • Pertama, hindari hembusan udara ke langsung arah mata. Saat kita bekerja misalnya, usahakan agar kalian nggak menghadap duduk menghadap ke arah kipas angin atau hembusan AC
  • Yang kedua, cobalah untuk nggak menurunkan suhu AC terlalu rendah. Karena semakin rendah suhu yang kita pasang, udara akan jadi semakin kering. Udara yang kering ini akan membuat mata kita juga lebih cepat kering
  • Berkedip maksimal setiap 20 menit. Idealnya, kita perlu berkedip beberapa kali dalam semenit saat menatap layar komputer atau hp. Salah satu tips yang direkomendasikan adalah aturan 20-20-20. Artinya, kita harus mengedipkan mata maksimal setiap 20 menit sekali. Kemudian alihkan pandangan ke sesuatu yang jaraknya sekitar 20 kaki atau sekitar 6 meter selama kurang lebih 20 detik
  • Melihat layar hp atau laptop sebaiknya dilakukan di tempat yang terang untuk mengurangi ketegangan pada mata
  • Kalau kamu bekerja pakai laptop atau komputer. Usahakan layar sejajar dengan tinggi mata supaya mata nggak membuka terlalu lebar (saat menatap layar). Menurut para ahli, cara ini bisa membantu memperlambat penguapan air mata
  • Hindari merokok di dalam ruangan tempat bekerja. Karena asap rokok juga bisa menyebabkan mata kering
  • Sesekali pakai obat tetes mata seperti Insto Dry Eyes. Karena menurut para ahli, secara teratur menggunakan air mata buatan seperti obat tetes mata yang dirancang untuk mata kering bisa membantu melumasi mata. Tips terakhir ini lebih dikhususkan bagi penderita mata kering kronis

Kesimpulan


Percaya nggak percaya. Generasi digital, dalam berbagai situasi punya potensi besar mengalami mata kering cepat atau lambat. Karena menatap layar komputer atau layar hp sangat mudah membuat kita lupa berkedip dan bisa bikin kita betah menatap layar secara berlebihan.

Potensi generasi digital mengalami mata kering akan meningkat jika diikuti beberapa hal berikut ini. Mulai dari, menatap layar di di ruangan ber-AC, merokok, bermain gadget atau bekerja di tempat gelap, serta duduk menghadap kipas angin.

Mata kering sudah pasti bikin kita merasa nggak nyaman, biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti, mata kering, mata pegal, mata sepet, mata sakit, hingga mata radang.

Untuk mengatasi berbagai gejala mata kering, saya pribadi lebih suka pakai Insto Dry Eyes. Menurut saya, obat tetes mata khusus mata kering dari Insto ini adalah salah satu #SolusiMataKering yang ampuh dan efektif mengatasi berbagai gejala mata kering.

Obat mata kering ini bisa dengan mudah dijumpai di toko obat atau di apotek dan tersedia juga di minimarket seperti Alfamart. Umumnya, harga Insto Dry Eyes berkisar antara Rp17.000 hingga Rp18.000.

Cara pakai Insto Dry Eyes untuk menghilangkan gejala mata kering cukup mudah. Kita hanya perlu memberikan 1 atau 2 tetes pada setiap mata, dan bisa diberikan sebanyak 3 kali sehari.

Kalau gejala mata kering hilang, hentikan pemakaian. Dan jangan lupa, sisa Insto Dry Eyes bisa disimpan di suhu ruangan selama kurang lebih 1 bulan setelah dibuka.

Sumber:

  • https://news.uthscsa.edu/myth-or-fact-can-sitting-too-close-to-the-tv-hurt-your-eyes-will-wearing-glasses-weaken-your-eyes-test-your-knowledge/#:~:text=Answer%3A%20Myth.,close%20to%20you%20appear%20blurry.
  • https://www.thechildren.com/health-info/conditions-and-illnesses/sitting-too-close-television-bad-eyes
  • https://www.warbyparker.com/learn/is-reading-in-the-dark-bad-for-your-eyes#:~:text=Looking%20at%20a%20bright%20screen,strain%20or%20computer%20vision%20syndrome.
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/symptoms-causes/syc-20371863
  • https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes 

Post a Comment for "Waspada! Aktivitas Digital Bisa Bikin Mata Kering"