Kelebihan dan Kekurangan Motor ABS

Bepergian menggunakan sepeda motor memang dirasa lebih efektif daripada menggunakan mobil.  Terlebih lagi, harga motor saat ini yang semakin bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, bahkan masyarakat awam sekalipun.  Hal ini, membuat semua orang memiliki kendaraan bermotor dengan mudah.  Bodinya yang kecil serta ringan bisa membuat kita lebih cepat sampai di tujuan karena berkendara dengan motor dapat menerobos gang-gang kecil di tengah-tengah kemacetan. Meskipun begitu, kita harus tetap berhati-hati jika menggunakan motor, karena menurut penelitian pengguna sepeda motor lebih sering terjadi kecelakaan daripada kendaraan lainnya.



Ngomong-ngomong masalah motor, baru-baru ini Yamaha mengeluarkan motor ABS atau motor dengan rem antilock brake system. ABS adalah fitur yang masih terbilang baru ada di Indonesia.

Apa itu rem ABS, system ini masih ada di beberapa motor saja, di antaranya salah satunya adalah Yamaha NMax. Cara kerja sistem motor ABS yang tidak secara langsung mengunci meskipun handle rem ditekan habis membuat motor ABS lebih aman digunakan.  Ini juga yang membuat rem pada motor ABS mampu menghentikan motor tanpa slip.  Kesimpulan sederhananya motor yang menggunakan rem ABS ialah, dia memiliki fitur keselamatan yang membuat rem tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak.  Di musim hujan seperti ini, rem ABS sangat berguna karena jalanan yang cenderung basah.

Berbeda dengan motor non ABS, jika handle rem ditekan habis secara otomatis roda akan berhenti sementara motor masih melaju.  Meskipun memiliki banyak kelebihan yang menentukan dan memberikan keselamatan lebih di jalanan. Kamu  juga harus tahu beberapa kekurangan tentang motor ABS.

Motor ABS akan mengalami beberapa hal yang pembuatnya tidak bekerja dengan maksimal misalnya.  rem tidak bisa pakem di jalan yang berkerikil atau jalanan tidak rata.  Begitupun saat keadaan rem sedang basah terkena air.  dalam tiga keadaan tersebut Anda harus membawa motor dengan lebih hati-hati.

Tips berkendara dengan aman dengan motor 


Sebelum berkendara, sebaiknya Anda memeriksa dahulu keadaan motor yang akan anda gunakan. periksalah komponen kendaraan untuk memastikan bahwa motor yang akan anda gunakan dalam keadaan baik-baik saja.  Jika anda merasa sudah waktunya mengganti suku cadang atau beberapa komponen motor.  Sebaiknya anda segera membawanya ke bengkel terdekat.

Beberapa hal yang perlu Anda adalah, Rem berfungsi dengan baik, pastikan rem bisa berfungsi dengan baik untuk bisa lebih menjaga keselamatan Anda saat berkendara.  Tekanan pada angin mencukupi, bensin dan Oli cukup,  roda tidak gundul atau tidak ada yang rusak. Selain itu, anda juga harus memastikan kaca spion dapat berfungsi dengan baik dan dipasang dengan benar.

Jaga jarak saat berkendara

Pengereman terlalu dekat dengan kendaraan yang lain akan memposisikan Anda dalam bahaya  terlebih lagi jika Anda menggunakan motor dengan kecepatan tinggi.  Oleh sebab itu menjaga jarak saat berkendara akan membuat anda mengerti situasi-situasi kendaraan lain disekitarnya.

Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Tips aman berkendara yang lain adalah mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat Anda mengendarai motor.  Mengurangi kecepatan,  melihat kaca spion dengan cermat, melihat kanan kiri saat akan menyebrang,  juga penggunaan lampu sein dengan benar saat anda akan berbelok  ke kanan atau ke kiri.  Mematikan lampu sein setelahnya agar tidak membuat kendaraan pengendara yang lain bingung dan juga bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Menggunakan pelindung diri

hal penting lain agar aman berkendara motor adalah menggunakan helm dan jaket anti angin. Orang sering melupakan hal remeh ini, padahal menggunakan helm sangat membantu mengurangi resiko kerusakan tubuh saat terjadi kecelakaan.