Penyebab Luka Tidak Mudah Kering

Luka merupakan peristiwa rusaknya jaringan kulit yang disertai memar, sobek, berdarah, atau terpotong yang menimbulkan nyeri. Luka harus ditangani dengan tepat agar tidak terjadi infeksi, terutama luka bakar. Penanganan  luka bakar yang harus sesuai dengan tingkatan lukanya. Kadang terdapat luka yang sulit kering sehingga tidak sembuh-sembuh. Beberapa hal harus diperhatikan agar luka cepat kering.
Berikut Beberapa Hal yang Menyebabkan Luka Sulit Kering.


1.Kurang Oksigen


Oksigen diperlukan untuk membantu pembentukan jaringan baru. Pilihlah perban luka yang cocok agar pertukaran gas tidak terhalangi. Sering ganti perban agar terjaga kebersihan dan darah yang menempel tidak menutupi sirkulasi udara pada luka.

2.Kurang Nutrisi


Nutrisi ini berupa asupan protein yang berguna untuk membentuk jaringan baru. Nutrisi yang berperan seperti zink dan vitamin C, kedua zat tersebut dibutuhkan untuk pembentukan jaringan baru. Kekurangan nutrisi pembentuk jaringan baru tentu akan menghambat penyembuhan luka.

3.Edema


Pembengkakan atau edema pada luka akan menghambat penyerapan oksigen oleh jaringan. Semakin besar edema semakin sulit udara menembus jaringan bawah kult sehingga penyembuhan terhambat.

4.Kelebihan Gula dan Lemak


Kelebihan gula dan lemak dapat menghambat penyembuhan luka.  Kelebihan gula, misal pada penderita diabetas mengganggu penyembuhan luka karena gula merusak jaringan untuk penyembuhan luka. Lemak juga dapat menghambat penyembuhan luka. Lemak yang tinggi didalam darah dapat mengentalkan darah sehingga alirannya tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar menghambat proses penyerapan nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan jaringan baru.

5.Penyakit Autoimum


Beberapa orang memiliki penyakit autoimun misalnya hemofilia. Hemofilia diketahui menyebabkan  darah sulit membeku. Selain itu penyakit autoimun lainnya seperti lupus juga dapat menghambat penyembuhan luka.

6.Trauma


Gesekan dan benturan dapat menghambat penyembuhan luka. Saat terjadi luka sebaiknya hindari benturan yang akan merusak jaringan dan menyebabkan luka sulit sembuh.

7.Infeksi


Luka yang mengalami infeksi memakan proses penyembuhan yang lama. Infeksi disebabkan oleh  bakteri dan virus yang tumbuh disekitar luka. Akibatnya luka selalu basah karena mengeluarkan cairan. Selain itu infeksi pada luka juga menyebabkan penderita demam. Luka ringan dapat ditangani dengan obat untuk mempercepat penyembuhan luka. Namun luka yang telah parah membutuhkan operasi. Sebaiknya rawat luka anda agar tidak sampai terinfeksi sehingga harus melakukan operasi.

0 Response to "Penyebab Luka Tidak Mudah Kering"