Perhatikan 5 Makanan Perangsang Otak untuk Anak Cerdas

Seorang anak akan melewati masa perkembangan dan pertumbuhannya tahap demi tahap. Anak juga akan mempelajari banyak hal dari apa yang dilihat dan didengarnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua, penting bagi Anda untuk memelihara dan membantu meningkatkan kecerdasannya.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan anak makanan yang bergizi. Untuk lebih jelasnya Anda dapat membuka referensi https://www.guesehat.com/apa-saja-makanan-yang-memengaruhi-kecerdasan-bayi.



1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale memiliki banyak kandungan vitamin dan folat, yang mana kedua kandungan tersebut berhubungan dengan pertumbuhan otak. Jika anak Anda tidak menyukai sayuran, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan mereka sayuran secara tersembunyi. Misalnya, Anda membuatkan omelettes, telur gulung yang berisi selada, serta bayam, dan tomat.

2. Ikan

Seperti yang dilansir di www.guesehat.com, ikan juga merupakan makanan yang bergizi dan baik untuk perkembangan otak anak. Ikan laut seperti sarden, salmon, dan tuna memiliki kandungan vitamin D dan asam lemak omega 3 yang tinggi.

Kedua kandungan nutrisi tersebut berperan besar dalam melindungi otak dari berbagai serangan, seperti penurunan memori. Nah, kandungan ini menjadikan memori anak tetap terjaga kekuatannya, sehingga anak menjadi lebih cerdas.

3. Telur

Telur memiliki kandungan protein dan kolin yang tinggi yang berperan dalam membuat perkembangan otak anak semakin baik. Telur pun dapat dibuat dalam beragam bentuk, sehingga anak lebih tertarik untuk memakannya.

4. Kacang Merah


Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang yang banyak dijadikan sebagai sayur. Selain baik dikonsumsi oleh penderita asma, kacang merah juga dipercaya memiliki peran dalam meningkatkan kecerdasan, terkait dengan daya ingat.

Sebenarnya, tidak hanya kacang merah saja, karena kacang kenari dan kacang almond juga baik untuk otak. Kedua jenis kacang tersebut mengandung protein dan lemak esensial yang juga berperan dalam kesehatan sistem saraf.

5. Apel

Apel memiliki rasa yang manis dan juga mengenyangkan, sehingga cocok dijadikan sebagai tambahan sarapan dan makan siang anak. Apel memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif, dan baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak Anda.

Nah, mulai sekarang, coba berikan makanan di atas pada putra-putri kita. Supaya nantinya anak bisa tumbuh cerdas seperti yang kita harapkan.

0 Response to "Perhatikan 5 Makanan Perangsang Otak untuk Anak Cerdas"