Perbedaan Web Hosting, VPS, dan Cloud Server

Perbedaan Web Hosting, VPS, dan Cloud Server Yang Perlu Diketahui

Jika Anda mencari penyedia jasa bikin website di mesin pencari, kemungkinan besar Anda akan menemukan istilah Web Hosting, Cloud Server, atau VPS. Apa maksud dan perbedaan ketiga istilah tersebut?

Manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut adalah jawabannya serta penjelasan dari ketiga istilah-istilah tersebut.

Web hosting, adalah seperangkat komputer yang terhubung dengan layanan internet dan berfungsi sebagai tempat menyimpan data website supaya nantinya dapat diakses secara online

Di sana, Anda akan diberikan fasilitas manajemen untuk mengelola web Anda. Begitu juga dengan platform yang disediakan, pun bermacam-macam, ada PHP dan juga database mySQL.

Layanan ini ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau, meski hanya terbatas pada platform yang tersedia saja.

Selain itu, penyedia layanan umumnya hanya menyediakan sebuah server fisik yang akan dipakai bersama pelanggan lain, sehingga akses menuju web Anda akan cenderung sedikit lambat.

Dan selanjutnya adalah cloud server. Teknologi cloud server adalah teknologi terkini yang memungkinkan beberapa server digabung menjadi satu system penyimpanan yang berfungsi sebagai storage (disk virtual) dan beberapa server lain (Host) dapat juga digabungkan sebagai sebuah computing node (CPU virtual).

Dengan kata lain, cloud server menawarkan spesifikasi yang tak terbatas. Sehingga, Anda dapat dengan mudah meningkatkan storage, memori, dan prosesor sesuai kebutuhan.

Cloud server murah di indonesia

Cloud Server memiliki empat keunggulan jika dibandingkan dengan server tradisional. Yang pertama,

  1. Fleksibilitas dari sisi ketersediaan ukuran sumber daya
  2. Upgrade sumber daya dapat dilakukan secara real time, bahkan kadang-kadang tanpa memerlukan bantuan reboot
  3. Mempunyai redundansi yang lebih baik secara signifikan
  4. Sentralisasi penyimpanan (storage) secara redundant

Kerahasiaan data yang disimpan di cloud server sangat terjamin karena bergantung pada perusahaan penyedia jasa cloud service.

Yang ketiga adalah Virtual Private Server. Atau, sering juga disebut VPS. VPS adalah sebuah metode untuk membagi (mempartisi) sumber daya (resource) sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual.

Server virtual ini nantinya akan memiliki kemampuan untuk menjalankan operating system sendiri layaknya server fisik.

Apa kelebihan VPS?

  • Fleksibel, karena Anda dapat menginstall software di VPS sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
  • Anda akan memiliki akses ROOT, di mana dengan akses ini, Anda dapat melakukan apa saja terhadap VPS Anda
  • Garansi resource (CPU, RAM, dan Space)
  • Anda tidak akan dikeluarkan sepihak oleh pihak hosting karena menggunakan WP-Robot atau sejenisnya.

Apa saja kekurangan VPS?

  • Untuk menguasainya, kita wajib berbekal pengetahuan lebih tentang cara menggunakan server Linux atau Windows. Karena pihak hosting tidak membantu akan hal ini, kecuali Anda menggunakan jasa manage
  • Biaya relatif lebih mahal dari share hosting
  • Semakin Anda membutuhkan resource yang besar, Anda akan perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar

Jika Anda mencari perusahaan yang menyediakan layanan cloud di Indonesia, neuCentrIX merupakan perusahaan data center yang juga melayani cloud server.

Layanan Cloud neuCentrIX

Layanan Cloud neuCentrIX (neuCloud) menawarkan banyak kemudahan dan fleksibilitas yang akan memenuhi kebutuhan Anda pada server secara spesifik, ataupun berbagai penggunaan, pengembangan berskala ultra, dan menawarkan juga berbagai penyesuaian.

0 Response to "Perbedaan Web Hosting, VPS, dan Cloud Server"