Budaya di Indonesia dan Cara Melestarikannnya

Pada awalnya, website pribadi ini rencananya akan saya gunakan untuk menulis semua yang menjadi aktivitas saya sehari-hari.

Akan tetapi, sebagian besar dari waktu yang saya gunakan untuk bekerja melibatkan Linux sebagai sistem operasi utama di laptop dan komputer.

Karena itulah, mayoritas artikel yang saya upload di web ini adalah artikel yang membahas mengenai Linux dan software software-nya.

Tapi, sesuai dengan niat awal saya dulu untuk membagikan apapun yang menurut saya menarik. Maka, jangan heran apabila kalian mungkin akan menemukan berbagai macam topik di website ini. Termasuk, topik yang saya angkat kali ini yaitu tentang budaya Indonesia.

Di atas, saya memilih judul yang sangat singkat. Karena saya ingin judul tersebut lebih bersifat umum agar saya bisa lebih bebas mengembangkan ide dan menyampaikan pesan.

Budaya di Indonesia

Jika ada yang menyebut "budaya Indonesia" maka bisa dipastikan bahwa itu artinya, sebuah budaya yang umum dan banyak dipraktekkan oleh masyarakat di Indonesia. Tetapi, tidak semua budaya yang dianggap sebagai budaya Indonesia tersebut dipraktekkan seluruh orang Indonesia, bukan?

Karena pada dasarnya, Indonesia adalah sebuah negara yang dihuni oleh beragam suku bangsa yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Jadi, ketika kita mengatakan budaya Indonesia, biasanya itu adalah sebuah budaya yang umumnya hanya dipraktekkan oleh lebih dari 1 suku bangsa.

Di Indonesia, ada banyak budaya yang menarik yang kemudian kita anggap sebagai budaya Indonesia karena dipraktekkan oleh sebagian besar masyarakatnya. Seperti budaya keluarga misalnya.

Budaya keluarga di Indonesia

Di Indonesia, keluarga memiliki peran dan ikatan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak peduli seberapa muda atau seberapa tua dan seberapa jauh lokasi tempat tinggalnya, orang Indonesia cenderung menjaga hubungan yang erat dengan anggota anggota keluarga mereka.

Bahkan ketika seorang anak sudah memiliki penghasilan atau sudah menikah dan punya anak, tidak jarang mereka memilih tinggal satu rumah dengan orang tuanya.

Di beberapa tempat, seperti di tempat tinggal saya. Akan dengan mudah kita jumpai sebuah keluarga besar yang tinggal sebelah menyebelah hingga membentuk perkumpulan keluarga.

Agama selalu Didahulukan

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, Sebagian besar masyarakat Indonesia menjalani kehidupan berdasarkan panduan agama masing-masing.

Seperti orang Islam misalnya. Mereka akan melakukan aktivitas berdasarkan tuntunan agama. Mulai dari bangun tidur, makan, buang air kecil, bertutur kata, bersosialisasi, hingga kembali tidur lagi. Umumnya dilakukan berdasarkan tuntunan agama.

Meskipun di agama yang diakui di Indonesia hanya 6 saja yaitu, Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Tapi kenyataannya, masih banyak masyarakat yang menganut dan mempraktekkan kepercayaan nenek moyang seperti, animisme, dinamisme, ataupun totemisme.

Di beberapa komunitas atau suku bangsa, kepercayaan tersebut berinteraksi dengan tradisi dan kadang-kadang dipengaruhi oleh agama tertentu hingga menghasilkan berbagai macam praktek budaya, adat istiadat, dan kepercayaan.

Budaya Gotong Royong

Dari dulu hingga saat ini di Indonesia sudah ada budaya gotong royong. Karena sejak dulu orang Indonesia selalu bersikap komunal. Sehingga, dalam melakukan kegiatan sehari-hari seringkali melibatkan asas gotong royong.

Meskipun hari ini budaya gotong royong semakin jarang kita jumpai. Namun, di sebagian besar desa-desa atau kampung kampung, budaya gotong royong masih jamak kita temukan.

Budaya Doyan Sambal

Ada banyak budaya yang unik dan menarik di Indonesia. Salah satunya adalah budaya kuliner. Di mana, rata-rata orang Indonesia suka makan yang pedas-pedas, terutama sambal.

Budaya suka makan pedas ini sebenarnya sangat bisa dimaklumi. Mengingat, Nusantara kaya akan rempah-rempah yang kemudian menciptakan resep tradisional.

Karena itu, banyak sekali masakan-masakan orang Indonesia yang memiliki cita rasa gurih dan pedas. Meski demikian, setiap daerah memiliki ciri khas masakannya masing-masing.

Di wilayah Jawa misalnya, biasanya orang Jawa lebih suka makanan yang agak manis karena di daerah ini tebu dan gula aren sangat berlimpah.

Tapi jika kita jalan-jalan ke Sumatera atau bahkan ke daerah Bali dan Lombok. Maka di sana akan dengan mudah kita jumpai masakan extra pedas.

Indonesia Punya Banyak Legenda

Banyak hal di Indonesia yang dikaitkan dengan Legenda dewa-dewa, roh, pertapa sakti, atau kisah-kisah tertentu (legenda).

Seperti, Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat yang dikaitkan dengan Legenda Sangkuriang, nyale di Lombok yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika, dan masih banyak lagi Anda legenda lain yang bisa kita jumpai, termasuk legenda Danau Toba hingga Candi Prambanan.

Melestarikan Budaya Indonesia

Banyak sekali budaya-budaya yang ada di Indonesia merupakan budaya-budaya yang baik untuk dilestarikan. Seperti budaya gotong royong, budaya kekeluargaan, keagamaan, dan lain sebagainya.

Budaya-budaya tersebut semakin hari semakin terkikis oleh teknologi dan gaya hidup modern. Agar tak lekang oleh zaman, budaya budaya tersebut perlu dijaga dilestarikan.

Cara melestarikan budaya sebenarnya sangat beragam. Mulai dari, mempelajari budaya itu sendiri, mendokumentasikannya, atau memperkenalkannya kepada generasi bangsa.

Selain dapat dipraktikkan dan didokumentasikan dalam bentuk tulisan dan penuturan dari mulut ke mulut, budaya yang ada juga bisa dilestarikan secara digital dan diperkenalkan melalui internet dalam bentuk konten yang menarik.

Mengingat, di era modern ini akses internet sudah semakin mu mudah dan tarifnya pun relatif murah. Apalagi, Saat ini semakin banyak masyarakat di Indonesia yang berlangganan Wi-Fi dari IndiHome. Yang bisa membuat tarif untuk mengakses internet semakin murah.

Tidak mengherankan, karena IndiHome yang dianggap sebagai internetnya Indonesia sudah dianggap sebagai produk Telkom Indonesia yang memiliki peranan sangat besar. Karena, banyak diandalkan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari maupun untuk melestarikan budaya.

0 Response to "Budaya di Indonesia dan Cara Melestarikannnya"